21 February 2019

LUPA PASSWORD & LUPA AKUN PELAUT

Dalam Sistem Informasi Buku Pelaut Online, sebelumnya pelaut harus registrasi untuk memperoleh akun pelaut yang ditandai dengan aktifnya user dan password yang telah kita daftarkan. Lihat Proses Pendaftaran/Registrasi akun pelaut.

Dalam beberapa kasus pelaut lupa password atau bahkan user akun dan email yang digunakan untuk mendaftar. Sedangkan semua proses yang berkaitan dengan buku pelaut online selanjutnya menggunakan username dan password untuk mendapatkan layanan perpanjangan, penambahan data, perubahan data, penggantian, dsb. Untuk itu kembali kami ingatkan agar membuat username dan password dengan data yang mudah diingat, disimpan dengan baik.

Namun jika karena suatu hal pelaut lupa username dan/atau password serta e-mail yang digunakan untuk mendaftar, berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan.

Lupa Username; Pelaut agar melihat kembali e-mail masuk yang berisi verifikasi akun pelaut pada saat mendaftar akun pelaut. Setelah mengetahui username, langkah selanjutnya recovery password yang akan dijelaskan pada poin 4.
Lupa Password; Apabila pelaut lupa password saja maka bisa mengikuti langkah-langkah recovery password yang akan dijelaskan pada poin 4.
Lupa Username, Password dan/atau E-mail; Agar datang langsung ke pelabuhan tempat diterbitkanya buku pelaut dimaksud, untuk melaksanakan penggantian e-mail dan recovery username.

Berikut langkah-langkah Revovery password aku pelaut :
Buka browser internet, disarankan menggunakan browser Google Chrome;
KetikanURL :http://dokumenpelaut.dephub.go.id lalu tekan enter pada keyboard;
Tunggu sampai muncul halaman seperti gambar di bawah ini:


Kemudian klik ikon buku pelaut;

Tunggu sampai muncul halaman seperti gambar di bawah ini:

Klik Ikon Pelaut (seamans);
Tunggu sampai muncul halaman seperti gambar di bawah ini:

Kemudian Klik tombol Lupa Password sampai muncuk tampilan berikut :

Isikan Username dan e-mail yang digunakan untuk aku pelaut kemudian klik tombol Request Password sampai muncul tampilan sebagai berikut :

Setelah muncul pemberitahuan seperti tersebut diatas Buka e-mail anda (inbox/spam) dan cari e-mail dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut seperti contoh di bawah ini :
PERHATIAN PENTING:
Apabila e-mail dimaksud belum masuk, coba refresh dan tunggu bebarapa saat (Jangan terburu-buru klik tombol kirim ulang verifikasi) Karena apabila terkirim lebih dari 1 (satu) verifikasi akan bermasalah pada saat aktivasi akun.
Sebaiknya tunggu beberapa jam/1x24 jam untuk memastikan, karena kemungkinan adanya gangguan jaringan internet dsb.
Jika memang verifikasi akun belum terkirim silakan klik tombol Kirim Ulang E-mail Verifikasi.

Bila sudah mendapatkan e-mail dimaksud klik/buka e-mail tersebut hingga muncul tampilan sebagai berikut :

Setelah muncul tampilan seperti di atas kemudian klik tombol RUBAH PASSWORD SEKARANG (tombol berwarwarna hijau) hingga muncul tampilan sebagai berikut :

Setelah muncul menu/tampilan Change Password, kemudian ketikkan password yang dikehendaki pada kotak yang telah disediakan. (8 karakter huruf dan/atau gabungan huruf dan angka). Kemudian klik Change Password sehingga muncul tampilan berikut :

Apabila sudah ada tampilan Pesan Berhasil dan Password telah diubah, berarti recovery password anda telah berhasil dirubah.
Selanjutnya silakan klik tombol pelaut dan masukkan ussername dan password untuk login untuk mendapatkan layanan Sistem Informasi Buku Pelaut Online lainya. Misalnya Pembuatan Buku Pelaut Baru.






35 comments:

Unknown said...

Punya saya email verifikasi nya udah masuk saya buka terus saya klik yg tombol (rubah pasword sekarang tapi malah masuk di (kirim ulang email verifikasi) mohon bantuanya terimakasih

Adityanofian said...

Min.saya lupa username dan pasword nya. Bahkan di inbox email sdh saya hapus semua. Mohon bantuan nya cara nya min utk langkah membuka buku pelaut online saya.

Unknown said...

Username salah terus mas gimanayah

Unknown said...

Pasis.wahyu@gmail.com

Unknown said...

Maaf bapak/ibu.. sya lupa smua.. username,pasword,email untk pendaftaran wktu itu.. trmasuk no hp yg dulu sdh hilang,mohon petunjuk untuk mmbuka akun bku plaut soalnya mau perpanjangan ini.. trmksh

Unknown said...

a

Begedut said...

Ternyata eh ternyata banyak juga yg senasib,,baru nyadar klo akun itu prnting setelah 3 tahun,nasib jika jadi orang pertama yg ngurus harus jadi kelinci percobaan,,coba jika dlu d kasih tau/arahan jika akun tdk boleh hilang nga bakal gini jadinya

Sutrisno said...

Mohon bantuanx bapak/ibu
Krn punyak saya lupa email&passwodx
Yg jd kendala saya daftar buku pelaut online sy ksh ijasah attD.terus maunx ijasah 5 saya masuk'kan jg ke buku pelaut br ijasah 5 tertera di buku pelaut sy tp lupa semuanx pak

Unknown said...

Pak saya lupa prin bukti permohonan buku pelaut gimana caranya

Unknown said...

Sama sprti saya, solusinya gmn y

Ib said...

Gmn mas sudah ketemu masalah nya apa? Boleh saya tau knp? Saya pun begitu selalu salah username.

Unknown said...

Lupa username

Alponsos Reris said...

Ijin admin, jika mau mengganti email buku pelaut bagaiamana? Apakah bisa?

Fsp said...

Mohon izin bertanya saat saya memasukan email di lupa password dan membuka gmail untuk merubah password nya

Ketika di klik dari gmail akan di pindah kan ke page dan page nya gagal dibuka terus (bagaimana solusi nya ya?)

Fsp said...

Mohon izin bertanya saat saya memasukan email di lupa password dan membuka gmail untuk merubah password nya

Ketika di klik dari gmail akan di pindah kan ke page dan page nya gagal dibuka terus (bagaimana solusi nya ya?)

Unknown said...

Sama dgn saya bro,smpai skrng blm tau solusinya gimana,nanti klo sudah ada solusi saling berbagi aja bro

Unknown said...

Tolong bos lupa semuanya gmn solusinya bos terima kasih.

Unknown said...

Kok username gak bisa dibuat sih,, sdh bbrpa kali ganti tetap aja gak bisa.

Unknown said...

Kalo aku saat lagi baca2 buku pelaut online lewat hp , tiba2 saat aku klik , tiba2 keluar sendiri akun aku dan saat dimasukkan kembali SALAH SANDI ???

Apa yang salah yaa bang , trimakasih 🙏🙏🙏

Unknown said...

Berarti salah username bang

Viecy said...

min punya laki saya username dan pasawordnya sudah benar pas klik login gabisa tebuka malah kembali ke halaman disuruh masukin username dan password lagi. tapi pas begitu coba login dari hp bisa. gimana itu penjelasannya

Unknown said...

Min sya lupa user sma paswod gimana cara & solusinya

Unknown said...

Min..gimana cara ny membuat email plait

Unknown said...

lupa username sama paswoodnya gan.gman acaranya

Unknown said...

Sya dan kaya sya lagi gimana solusinya

Unknown said...

Solusinya gimnq pasword lupa juga ama username begitu juga ama email, juga no tlpn gimna yah min solusinya

Unknown said...

Sy pasaword ud btul username tpi tdk bsa jg hnya ad muncul pembrithuan slah

Unknown said...

Kalau username hilang, apa bisa membuat username baru saat mendaftar buku pelaut.?

Unknown said...

Pake laptop bro , kalau pke hp yg seperti iru kirim ulang lg

Unknown said...

Bagaimana itu solusinya kan bukan saya dafar online gmana caranya login kembali untuk memperbaharui permohonan pembuatan buku pelaut

Citra yona said...

Min, saya lupa password, setelah klik lupa password dan kirim verifikasi ke email, dari email saya klik rubah password tapi selalu muncul kode verifikasi telah usang. Padahal pada saat itu langsung saya klik. Huhu

Unknown said...

Saya masih punya kertas catatan kode user name dan pasword dari Syahbandar , tp skrang stelah sy mau perpanjang buku pelaut malah ngk bsa login, malah muncul username password salah. Tolong gmna solusinya

Unknown said...

Sempat ada yang bermasalah buku pelaut nya tidak bisa login. Hubungi nomor ini 085145340230 . Siap membantu. Makasih

Unknown said...

Pak gimana cara nya buka akun buku pelaut saya lupa email dan password nya mohon bantuannya,🙏🙏🙏

Unknown said...

Mas kalo buku pelaut itu sudah hilang dan mati bisa bikin baru